Laboratorium Retailpreneur Dukung Minat Kewirausahaan Mahasiswa

Bandung, Telkom University – Persaingan ketat di dunia bisnis mendorong pelaku bisnis untuk mengenal dan memahami kebutuhan hingga minat dari konsumennya. Hal ini diperlukan kegiatan praktik secara langsung untuk mengenal siapa target konsumen yang harus dicapai oleh pelaku bisnis. Dalam hal ini, sebagai dukungan bagi mahasiswa Telkom University (Tel-U) yang membutuhkan wadah untuk memasarkan produk yang dimiliki hingga untuk menguji pasar ataupun kegiatan promosi produk, mahasiswa dapat mengimplementasikannya dan mengembangkan minat kewirausahaan di Laboratorium Retailpreneur (RPL)  pada Fakultas Komunikasi dan Bisnis (FKB).

Tujuan disediakannya fasilitas RPL ialah sebagai wadah pembelajaran sekaligus praktik mahasiswa secara langsung pada mata kuliah Strategis Bisnis Ritel, Operasi Bisnis, Kewirausahaan dan Kreativitas Inovasi. Selain itu, RPL bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa untuk mengelola sekaligus mengembangkan usaha dalam skala mikro. Tujuan lainnya dari RPL sendiri untuk membantu tenaga pengajar dalam memberikan pembelajaran yang aplikatif dalam menyampaikan materi pembelajaran pada mata kuliah tertentu.

Untuk mematangkan pemahaman mahasiswa di bidang kewirausahaan, mahasiswa tidak hanya melakukan secara praktik, melainkan juga diberikan bekal berupa teori yang terintegrasi dengan mata kuliah Kewirausahaan, Kreativitas dan Inovasi, serta Kuliah Operasi Bisnis. Dengan diberikannya pengetahuan melalui teori, mahasiswa mampu menerapkan model dan metode bisnis dalam pengembangan usaha maupun pengelolaan bisnis, memberikan stimulus kepada mahasiswa untuk mengembangkan aktivitas inovasi dalam merancang suatu produk bisnis, serta mematangkan pemahaman mahasiswa dalam kegiatan praktik merancang strategi pemenuhan kebutuhan konsumen. 

Dalam pemaparannya, Agus Maolana selaku Dosen Metodologi dan Penelitian Bisnis – Program Studi Administrasi Bisnis, sekaligus Penanggung Jawab mengharapkan RPL kedepannya juga mampu mengakomodasi berbagai produk UMKM untuk disajikan produknya di RPL, serta adanya peningkatan kompetensi mahasiswa dalam kegiatan kewirausahaan.

“Harapannya RPL mampu mengakomodir berbagai produk UMKM untuk melengkapi display produk di RPL, selama ini masih terbatas jumlah produk UMKM yang di display dikarenakan tempatnya yang terbatas. Selain itu, harapan lainnya ialah mahasiswa kedepannya dapat meningkatkan kompetensinya seperti keahlian dalam pendampingan kewirausahaan, dan UMKM dapat meningkatkan kualitas produk dari supplier produk” ujar Agus.

Penulis: Tia Hanna Diniasti | Editor: Daris Rohmansyah Maulana | Dokumentasi: Public Relation

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *